Laman

Senin, 19 Desember 2011

Mempercepat Loading Blog Seringan Kapas

Apa jadinya saat anda mengunjungi suatu blog, ternyata eh ternyata cukup menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya. Karena memakan waktu lama untuk mendapatkan tampilan utuh, apalagi ditambah dengan taburan gambar dan hamparan sampah iklan di sana sini, rasanya ingin buru-buru nyeduh kopi lagi. Sudah habis berbatang-batang rokok tapi halaman blog masih setengah telanjang, bajunya masih tersangkut di jemuran tetangga sebelah. Capek deh!

Tapi, bila anda mengunjungi suatu blog yang loadingnya seringan kapas, cepat wus...wus...wus... bagai laju kereta argo bromo tentunya nyaman dan aman terkendali. Bahkan belum sempat nyeruput kopi yang masih panas namun semua baju dan asesoris pendukung penampilan sudah tampak jelas, tidak lagi setengah bugil karena blank oleh warna abu-abu.

Lalu, bagaimana caranya agar loading blog cepat dan seringan kapas? Gampang! Anda buka dulu halaman sebelumnya (klik di sini). Kemudian perhatikan screen shoot di bawah ini.


Gambar itu melukiskan terlalu banyak spasi yang ada di jeroan template blog anda. Maka gunakan cara seperti pada screen shoot berikut ini.


Adalah dengan menghapus dan berantas habis spasi-spasi yang ada di situ sampai ke akar-akarnya. Mudah bukan?

Sebagai bahan uji coba, sudah saya buktikan pada template blog ini. Awalnya bobot template sekitar 52,8 Kb, setelah membumihanguskan semua keberadaan spasi, bodinya langsung diet jadi 43,4 Kb. Jumlah penurunan berat badan template yang bisa anda kalkulasikan sendiri. Angka tersebut lumayan ringan, sesuai dengan undang-undang yang pernah dirilis oleh blogger pura-pura master, yang pembahasannya ada di sini. Sedangkan cara lain untuk memperingan loading blog, yah bersambung.
  

Tidak ada komentar:

Loading