Laman

Minggu, 18 Desember 2011

Mengecek Markup Validasi Template Blogspot

Secara gamblang mengenai markup validasi XHTML pada template blogspot sudah pernah saya bahas, pintu masuknya lewat sini, tapi jangan lupa kembali lagi ke halaman ini. Karena pembahasan belum dimulai, anggap saja itu sebagai pemanasan. Pembahasan sebenarnya ada di paragraf berikutnya, maka silahkan pindahkan pandangan mata anda pada susunan kalimat di bawah ini.

Berikut adalah langkah-langkah pengecekan markup validasi yang berada dijeroan template blog anda, memungkinkan di sana banyak terjadi kecacatan kode, bisa saja berjumlah ratusan. Caranya sebagai berikut.

1. Menuju ke halaman validator W3C (klik di sini).

2. Masukan alamat blog yang anda inginkan pada kolom tersedia, misalnya http://om-rame.blogspot.com seperti yang saya contohkan pada screen shoot di bawah ini.


3. Setelah itu, tekan tombol Check. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.


Itu menunjukkan bahwa, pada template blog saya terdiri dari 35 XHTML yang dapat kartu merah dan 54 HTML yang kena kartu kuning. Hal tersebut karena penempatan atau penyusunan kode yang tidak tepat. Namanya error, tentu saja efeknya kurang baik terhadap daya jelajah, apalagi bagi anda penggemar optimasi SEO maka hal ini harus dihindari dan dibuat semaksimal mungkin pada proses perbaikan.

4. Untuk melihat lebih jelas, silahkan cek satu persatu pada menu Options dan klik tombol Revalidate.


Lalu, caranya mensolusikannya gimana? Gampang! Nanti akan saya sambung pada postingan berikutnya.
  

Tidak ada komentar:

Loading